PENERAPAN MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Authors

  • Eva Fitria Ningsih Universitas Primagraha
  • Indri Lestari Universitas Serang Raya
  • Khotimah Universitas Serang Raya

Keywords:

Model CORE, Pendekatan Keterampilan Metakognitif, dan Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, kemudian dipilih dua kelas yang setara ditinjau dari kemampuan akademiknya. Kedua kelompok kelas tersebut diberikan tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Untuk kelas pertama diberi perlakuan khusus dengan menggunakan model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif (kelas eksperimen) dan kelas kedua tidak diberi perlakuan atau diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Tes yang di gunakan adalah tes tipe uraian yang terdiri dari 5 soal. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji-t (Independent  Sample  t-Test). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis

Additional Files

Published

2022-04-16

Issue

Section

Articles