MENINGATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASAAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

IMPROVING MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL

Authors

  • Venita Anggraeni Universitas Primagraha
  • Eva Fitria Ningsih Universitas Primagraha

Keywords:

Model pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru. Penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Tujuan penelitian ini untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Waringinkurung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) yaitu kelas X IPA V yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran matematika Problem Based Learning dan X IPA IV dengan pembelajaran ekspositori. Analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.

Downloads

Published

2021-10-26

Issue

Section

Articles