PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LEUWIDAMAR

INFLUENCE OF LEARNING METHOD OF INQUIRY DISCOVERY OF MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES GRADE X SMA NEGERI 2 LEUWIDAMAR

Authors

  • Sundanah Universitas Primagraha
  • Malik Abdul Aziz Universitas Primagraha

Keywords:

Inquiry Discovery Learning, Hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Inquiry Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika di kelas X SMA. Penelitian ini berbentuk kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Leuwidamar. Untuk menguji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan reliabilitas instrumen dalam bentuk tes subjektif digunakan rumus Alpha, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda menggunakan indeks diskriminasi (D) dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Berdasarkan  analisis data, hasil penghitungan data penelitian diperoleh skor t hitung > t tabel (2,639>1,693), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang positif dan signifikan dengan menerapkan metode Inquiry Discovery Learning dibandingkan dengan  tanpa menggunakan metode Inquiry Discovery Learning.

Downloads

Published

2021-10-26

Issue

Section

Articles