PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN 10 KOTA SERANG

THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION LEARNING MODELS IN IMPROVING MSTEMATICS LEARNING OUTCOMES AND ATTITUDES OF STUDENTS AT SMPN 10 SERANG CITY

Authors

  • Teti Trisnawati Universitas Primagraha
  • Ernawati Universitas Primagraha

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Realistic Mathematics Education (RME).

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa matematika menjadi pelajaran  yang tidak disukai dikalangan para siswa karena matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit, padahal kesulitan yang dihadapi siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara  baik serta kurangnya pemahaman aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran dikelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada Guru (teacher centered). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 10 kelas, pengambilan sampel menggunakan simple random sempling didapat dua kelas yaitu kelas VIIC dan VIID untuk kelas eksperimen kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran dilakukan dengan uji N-Gain dimana didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 0,0753 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,0743 dimana peningkatan dalam hasil belajar tergolong rendah dengn peningkatan 7,5%. untuk pengaruh sikap Siswa dilakukan uji regresi dimana mempunyai nilai sig 0,184 untuk kelas eksperimen dan 0,133 untuk kelas kontrol dimana kedua data tersebut  maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh hasil belajar Siswa terhadap sikap Siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol.

Downloads

Published

2021-10-26

Issue

Section

Articles