Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Eksperimen pada MTs Negeri di Kota Serang)

Authors

  • Opan Ahmad Solihin MTsN 1 Kota Serang

Keywords:

metode pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 2). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 3). Pengaruh Interaksi Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa MTs Negeri kelas VIII di dua MTs Negeri di Kota Serang dengan besar sampel sebanyak 64 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 30 soal. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap hasil belajar PKN siswa MTs Negeri di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,009 < 0,05 dan Fh 7,186. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN siswa MTs Negeri di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig.= 0,001 < 0,05 dan Fh 12,415. 3). Terdapat Pengaruh interaksi yang signifikan metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN siswa MTs Negeri di Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig = 0,00 > 0,05 dan Fh 20,178.

Downloads

Published

2021-06-26

Issue

Section

Articles