MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 SUB TEMA 1 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL

Authors

  • Febri Saefulloh Universitas Primagraha
  • Lili Fajrudin Univeristas Primagraha
  • Satria Anggara Univeristas Primagraha

Keywords:

Hasil Belajar, IPS Tema 4 Sub Tema 1, Demonstrasi

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran pra siklus dalam pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 di kelas dari 25 orang jumlah siswa hanya 10 orang siswa yang hasil pembelajarannya belum memuaskan dengan persentase 40% dan yang belum tuntas sebanyak 15 orang siswa sebesar 60% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,80. Rumusan masalah yang disusun adalah Apakah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 di kelas IV SD Cendekia Islamic School. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui secara umum faktor-faktor penghambat pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Dari data perbaikan pembelajaran siklus 1 dalam Pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 di atas terlihat bahwa yang baru tuntas KKM hanya 14 orang siswa dengan persentase 56% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,60. Hasil dari data dalam Pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 siklus 2 di atas terlihat bahwa 25 orang siswa semuanya tuntas KKM persentase 100% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,80. Dengan demikian sudah terjadi perubahan yang meningkat sehingga tidak perlu mengadakan tindakan lagi karena sudah berhasil. Berdasarkan semua datadata di atas penenliti mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS pada Tema 4 Sub Tema 1 di kelas IV SD Cendekia Islamic School.

Downloads

Published

2021-06-26

Issue

Section

Articles