PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TIRTAYASA

Authors

  • Ida Mahardika Universitas Primagraha
  • Komarudin Universitas Primagraha

Keywords:

Media Pembelajaran Zoom, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa pada materi Pancasila
menggunakan media pembelajaran Zoom dan Adakah pengaruh media pembelajaran Zoom terhadap
hasil belajar aspek pengetahuan pada materi Pancasila. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1
Tirtayasa. Penelitian ini berlangsung pada bulan juni dan September. Metode penelitian ini digunakan
adalah kuasi kauntitatif. Sampel yang diambil adalah kelas XII. Populasi dalam penelitian sebanyak
115 siswa dan sampel sebanyak 115 siswa diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen
pengambilan data menggunakan kuesioner. Validitas data menggunakan validitas kontruks. Hasil
angket siswa dinyatakan valid 30 item dari variabel bebas dan 36 item dari variabel terikat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berada pada ketegori sangat tinggi yaitu
82,81%, (2) hasil belajar berada pada kategori sangat tinggi yaitu 83,81% (3) terdapat pengaruh yang
signifikan antara media pembelajaran zoom terhadap hasil belajar 50,7%. Sedangkan 49,3,%
dipengaruhi variable lain.

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles