PENERAPAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI PRODUKTIF DAN INOVATIF PADA SISWA SMK INSAN AQILAH WALANTAKA

Authors

  • Febri Saefulloh Universitas Primagraha
  • Muhamad Mukhlis Universitas Primagraha

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Produktif, Inovatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menciptakan
Generasi Produkif Dan Inovatif pada siswa SMK Insan Aqilah Walantaka Serang Banten dan
Mengetahui Efektivitas Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan untuk menciptakan generasi produkif
dan inovatif pada siswa SMK Insan Aqilah Walantaka Serang Banten. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam
mengenai situasi yang dihadapi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun informan yang diwawancarai adalah Pendapat ahli mengenai ilmu
kewarganegaraan, siswa dan guru sekolah SMK Insan Aqilah Walantaka. Hasil penelitian yang telah
dilakukan melalui wawancara terhadap informan terkait penerapan pendidikan kewarganegaraan untuk
menciptakan generasi yang produktif dan inovatif yaitu peran guru sangatlah penting serta penerapan
pendekatan yang optimal dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berlangsung.
Adapun mengenai seberapa efektif penerapan pendidikan kewarganegaraan dalam menciptakan
generasi produktif dan inovatif yaitu sangat efektif apabila seorang guru mengajar dengan sesuai dengan
silabus sebagai pedoman agar terciptannya tujuan pendidikan nasional

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles