PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN DI SD NEGERI CIPOCOK JAYA 1

Authors

  • Ari Gunardi Universitas Primagraha
  • Fini Dwita Haranti Universitas Primagraha

Keywords:

media alat peraga, hasil belajar, pembelajaran IPA

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada mata pelajaran matematika pra tindakan nilai rata – rata siswa hanya 52,6, nilai ini masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran matematika yaitu 70. Hal ini disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran talking stick diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian menggunakan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas 3 SD Negeri Cipocok Jaya 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Cipocok Jaya 1 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri Cipocok Jaya 1. Dibuktikan dengan hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I meningkat dengan nilai 60,72 dengan persentase ketuntasan 56% dan setelah tindakan siklus II nilai meningkat dengan nilai 89,4 dengan persentase ketuntasan 100%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles