UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG GAYA GESEK MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER II SDN CIMANUK 3 KECAMATAN CIMANUK TAHUN 2020

Authors

  • Lia Maryani, S.Pd SDN Cimanuk 3

Keywords:

Gaya Gesek Melalui Penerapan Model Quantum Teaching.

Abstract

Permasalahan pembelajaran di SDN Cimanuk 3 adalah Siswa merasa kurang nyaman, tingkat kerjasama rendah, pasif dalam pembelajaran dan bersikap kurang menghargai, hal ini disebabkan oleh Tindakan guru yang kurang ramah dan kurang menghargai siswa, guru belum optimal dalam mengendalikan laju komunikasi dalam pembelajaran, ketika kelas merespon negatif terhadap siswa yang salah menjawab pertanyaan, dan ketika siswa kurang memperhatikan penjelasan ataupun tugas, hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini terlihat dari hasil penelitian awal dengan nilai rata-rata tes hanya 57,60, dan dari 25 orang siswa, 7 orang siswa lainnya (28%) mendapatkan nilai di atas batas lulus. Sedangkan sisanya 14 (72%) mendapatkan nilai di bawah batas lulus. Ini berarti sebagian besar siswa mendapatkan nilai rendah. Hal-hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penelitian tindakan kelas melalui tindakan penerapan model quantum teaching. Desain penelitian yang digunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart, dengan instrument penelitian berupa lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, LKS dan lembar tes. Tindakan ini dilakukan dengan alasan bahwa quantum teaching mengupayakan belajar yang meriah dan menyenangkan dengan segala nuansanya, dengan menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Quantum teaching bersandar pada konsep ‘bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan antarkan dunia kita ke dunia mereka’ Hal ini menunjukan, betapa pentingnya pembelajaran dengan quantum teaching diterapkan. Penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang gaya gesek. Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada penelitian awal,siklus I dan siklus II, dilihat dari perbandingan nilai rata-rata, pada penelitian awal nilai rata- rata tes kelas 57,60, pada siklus I rata-rata kelas menjadi 68,80, dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 87,20. Selain itu jumlah siswa yang lulus juga meningkat

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles