UPAYA MEMBANGUN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENAKSIRAN DAN PEMBULATAN KE NILAI TERDEKAT SISWA KELAS IV SEMESTER I SDN SARUNI 1 KECAMATAN MAJASARI TAHU

Authors

  • HJ. POPON, S.Pd SDN SARUNI 1

Keywords:

Metode Demonstrasi , Kreativitas, Matematika

Abstract

Dengan terjadinya proses pembelajaran yang monoton dan konvensional terutama metode ceramah yang terlalu dominan, maka hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada mata pelajaran Matematika sangat rendah, terutama pada hasil nilai ulangan semester msih dibawah KKM. Demikian juga hasil yang diperoleh siswa pada hasil ulangan harian, nilai rata- rata ulangan harian siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika hanya 56,92 padahal KKM nya 65. Dengan adanya masalah tersebut di atas, maka guru harus berupaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga nilai prestasi belajar siswa dapat meningkat di atas nilai KKM yang sudah ditentukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah mencoba menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan menerapkan model-model pembelajaran interaktif, salah satu diantaranya adalah menggunakan media /Model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 kali putaran, dan setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu ; perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Saruni 1 dan data yang diperoleh berupa hasil tes ulangan harian dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis didapat bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata pra Siklus 56,92, Siklus I 64,10 siklus II 89,74 dan pesentase untuk pra siklus (28,21%), siklus I (46,15%), dan Siklus II hasilnya (100%). Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian tindakan kelas ini adalah pembelajaran kooperatif Concept Analtsis Model dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Saruni 1 pada mata pelajaran Matematika, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pada pembelajaran Matematika.

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles