PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA DALAM PEMANFAATAN SAMPAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Fajar Yumanhadi Aripin Universitas Primagraha
  • Sekar Sari Sunaryo Putri Universitas Primagraha

Keywords:

Ecoliteracy, project based learning (PJBL), pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ecoliteracy siswa dalam pemanfaatan sampah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (a). Adapun desain yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc.Taggart dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan (Planning). (2). Aksi atau tindakan (Acting). (3). Observasi (observing). (4). Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di kelas (V) Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument lembear kerja observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa terjadi peningkatan ecoliteracy siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I, sekitar 63% tergolong siswa memiliki kemampuan ecoliteracy yang tinggi, 9% tergolong memiliki kemampuan ecoliteracy sedang dan 28 % tergolong memuliki kemampuan yang rendah. Pada siklus I, mengalami peningkatan yang signifikan, sekitar 90% siswa tergolong memiliki kemampuan ecoliteracy tinggi, 6% tergolong memiliki kemampuan ecoliteracy sedang dan 4% memiliki kemampuan ecoliteracy yang rendah. Rata-rata nilai kemampuan ecoliteracy pada siklus I sebesar 87,6 dan siklus II meningkat menjadi sebesar 78,2. Adapun nilai kreativitas siswa pada siklus I sebesar 73,2 dan siklus II meningkat menjadi 89%.

 

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles