PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BOLA BASKET PADA MATA PELAJARAN PENJAS ORKES KELAS IX MTS NEGERI 1 KOTA SERANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahpudin

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX G MTs Negeri 1 Kota Serang dengan siswa berjumlah 28 siswa, 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2015-2016. Adapun tahapan - tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklus dan penelitian ini selesai pada dua siklus. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan oleh peneliti  merupakan data hasil belajar keterampilan passing permainan bola besar yang diperoleh melalui unjuk kerja dari ranah psikomotorik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan keterampilan passing bola basket pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Serang semester 1 tahun pelajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan passing bola basket pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Serang Tahun Pelajaran 2015-2016, dimana hasil belajar pada kondisi awal 67,86% atau 19 siswa, pada akhir siklus I menjadi 78,57% atau 22 siswa dan pada akhir siklus II menjadi 92,86% atau 26 siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##