THE IMPROVE SPRINTS SKILL THROUGH THE lOADING EXECISE METHOD (Action Research In Sprint Athletes Sriwijaya Sport School of Palembang)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

DENY HADIWIJAYA

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui pendekatan metode latihan pembebanan atlet lari jarak pendek Sekolah Olahraga Sriwijaya Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet lari jarak pendek sekolah olahraga negeri sriwijaya Palembang yang berjumlah 8 atlet.


Penelitian pada siklus 1 dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan, dimulai dari tes awal untuk mengukur kemampuan atlet sebelum diberikan tindakan. Setelah tindakan latihan dilaksanakan, peneliti memberikan tes akhir pada atlet dan hasilnya adalah siswa yang tuntas sebanyak 3 atlet dengan presentase ketuntasan 37.50 %, Jika Dibandingkan  dengan kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan yaitu 80% maka latihan yang dilaksanakan pada siklus 1 ini belum bisa dikatakan berhasil. Penelitian pun dilanjutkan ke siklus 2 dengan sedikit perubahan dan penambahan pada tiap tindakan latihan sebelumnya dan pada siklus 2 ini akan dilaksanakan sebanyak 8 pertemuan. Tes akhir pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yang sangat baik yaitu seluruh atlet memperoleh nilai tuntas dengan presentase sebesar 100%. dengan kata lain penelitian ini pun tidak perlu lagi dilanjutkan karena sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan.


Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dengan metode latihan pembebanan dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek pada atlet lari jarak pendek Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##