http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/issue/feed Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan 2021-06-24T00:37:35+07:00 Sastra Wijaya primagraha.lppm@gmail.com Open Journal Systems <p><span style="font-family: Calibri, serif;"><span style="font-family: Times New Roman, serif;">Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan merupakan nama jurnal di Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi (PJKR) Universitas Primagraha,yang berkonsentrasi pada disiplin ilmu pendidikan jasmani,keolahragaan,dan rekreasi. jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan diterbitkan oleh dewan redaksi pendidikan keolahragaan Program Studi Pendidikan jasmani,keolahragaan,dan rekreasi (PJKR) Universitas Primagraha. konten jurnal Ilmu Keolahragaan mengkaji tentang pengembangan pendidikan dan proses pembelajaran baik secara penelitian dan secara pengkajian ilmiah. Pemimpin Redaksi :<strong> Aripin,M.Pd.</strong></span></span></p> http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/62 THE EVALUATION PROGRAM DEVELOPMENT OF TENNIS IN WEST SUMATRA 2020-12-23T04:05:26+07:00 Tufli Maulana Ikhsan Tufli@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi tentang program pembinaan olahraga tenis di Sumatera Barat yang terdiri dari konteks, input, proses dan produk.Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program dengan metode deskriptif untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian evaluasi model yaitu Konteks, Input, Proses dan Produk (CIPP) dikembangkan oleh stufflebeam.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil dari dimensi konteks mendapatkan nilai rata-rata 79 dapat disimpulkan mendapatkan kategori baik, dimensi input mendapatkan nilai 86 dengan kategori sangat baik, dari segi proses mendapatkan nilai rata-rata 61 dengan kategori baik dan nilai produk 36 dengan kategori kurang baik. Kesimpulan hasil&nbsp; keseluruhan CIPP mendapatkan nilai rata-rata 65,25 dapat disimpulkan mendapatkan kategori Baik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2021-07-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/123 ANALISIS PEMBINAAN PRESTASI EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP MAULANA HASANUDDIN KOTA CILEGON 2021-06-24T00:37:35+07:00 Aripin aripinukail@gamil.com <p>Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal, maka pembibitan sejak usia dini harus dilaksanakan dengan konsisten. Hasil pengamatan yang dilakukan penulis di SMP Maulana Hasanuddin Kota Cilegon, diperoleh informasi bahwa keadaan pembinaan yang seharusnya dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi belum terlihat pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Maulana Hasanuddin Kota Cilegon. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan pembinaan bulutangkis yang dilakukan di SMP Maulana Hasanuddin Kota Cilegon?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembinaan yang dilakukan di SMP Maulana Hasanuddin Kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah&nbsp; <em>puposive sampling</em>, penulis mengambil sebagian dari semua populasi untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah sekolah, pelatih, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan pemeriksaan dokumen. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembinaan yang dilakukan pada pembibitan cukup baik, meski menglami kendala karena banyak siswa yang minatnya di sepak bola. program pelatih sudah memberikan program latihan fisik, teknik, mental dan taktik. Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah cukup baik, perlu penambahan sarana dan prasarana untuk menunjang latihan. Prestasi yang diperoleh sekolah SMP Maulana Hasanuddin Kota Cilegon yaitu belum maksimal menjuarai olahraga bulutangkis.&nbsp;</p> 2021-07-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/120 MODEL LATIHAN KETERAMPILAN THREE POINTS SHOOT UNTUK ATLET BOLABASKET USIA SEKOLAH MENENGAH ATAS 2021-06-17T03:13:30+07:00 Gustaman Candra ican.sehat@gmail.com <p>Abstrak</p> <p>&nbsp;</p> <p>Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model latihan <em>shooting three points</em> bola basket untuk atlet tingkat SMA. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model latihan <em>shooting three points</em> bola basket dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik atlet terhadap model yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research &amp; Development (R &amp; D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah atet-atlet pelajar SMA yang terdiri dari 60 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen test <em>shooting three points</em> yang digunakan untuk mengumpulkan data. Uji efektifitas model menggunakan tes <em>shooting three points </em>pada 5 titik untuk mengetahui tingkat kesempurnaan sikap dan kemampuan <em>shooting three points</em> bola basket sebelum pemberian treatment berupa model <em>shooting three points</em> yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kesempurnaan sikap dan kemampuan <em>shooting three points</em> setelah perlakuan atau treatment model <em>shooting three points</em> yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata tingkat kesempurnaan sikap atlet sebesar 60.3, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model <em>shooting three points</em> diperoleh peningkatan rata-rata tingkat kesempurnaan sikap atlet sebesar 72.4, hasil dari tes awal dan tes akhir terdapat peningkatan tingkat kesempurnaan sikap atlet sebesar 33%. Dan dari tes awal yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata kemampuan <em>shooting three points</em> sebesar 41.5, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model <em>shooting three points</em> diperoleh peningkatan hasil rata-rata kemampuan <em>shooting three points</em> sebesar 52, hasil dari tes awal dan tes akhir terdapat peningkatan tingkat kemampuan <em>shooting three points</em> atlet sebesar 49%. &nbsp;Maka model <em>shooting</em> ini efektif dalam meningkatkan latihan <em>shooting three points</em> bola basket untuk atlet tingkat SMA. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model latihan <em>shooting three points</em> bola basket untuk atlet tingkat SMA dapat dikembangkan dan diterapkan dalam latihan di Sekolah-sekolah (2) Dengan model latihan <em>shooting three points</em> bola basket untuk atlet tingkat SMA yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretes dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.</p> 2021-06-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/122 PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BOLA BASKET PADA MATA PELAJARAN PENJAS ORKES KELAS IX MTS NEGERI 1 KOTA SERANG 2021-06-18T08:02:34+07:00 Ahpudin ahpudin71@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX G MTs Negeri 1 Kota Serang dengan siswa berjumlah 28 siswa, 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2015-2016. Adapun tahapan - tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklus dan penelitian ini selesai pada dua siklus. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan oleh peneliti&nbsp; merupakan data hasil belajar keterampilan passing permainan bola besar yang diperoleh melalui unjuk kerja dari ranah psikomotorik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan keterampilan passing bola basket pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Serang semester 1 tahun pelajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan passing bola basket pada mata pelajaran Penjas Orkes kelas IX di MTs Negeri 1 Kota Serang Tahun Pelajaran 2015-2016, dimana hasil belajar pada kondisi awal 67,86% atau 19 siswa, pada akhir siklus I menjadi 78,57% atau 22 siswa dan pada akhir siklus II menjadi 92,86% atau 26 siswa.</em></p> 2021-06-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/32 SURVEY PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2013-2014 2020-12-15T04:55:58+07:00 Tommy Rizki Prasetyo tommyrizkiprasetyo@gmail.com Ika Kusumasari ikakusumasari@primagraha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey menggunakan portofolio penilaian pelaksanaan pembelajaran.</p> <p>Hasil perhitungan persentase proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di masing-masing SMP Negeri Se-Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013-2014 untuk masing-masing sekolah adalah untuk SMP Negeri 1 Tanjung Pura dalam ketegori “Baik” dengan persentase 66,67%, untuk SMP Negeri 2 Tanjung Pura dalam ketegori “Baik” dengan persentase 66,67%, untuk SMP Negeri 3 Tanjung Pura dalam ketegori “Baik” dengan persentase 79,17%, dan untuk SMP Negeri 4 Tanjung Pura dalam ketegori “Baik” dengan persentase 75%.</p> <p>Dan dari hasil penelitian Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013-2014, adalah bahwa proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat adalah “baik”. Dengan hasil nilai persentase rata-rata sebesar 71,43%.</p> 2020-12-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/40 THE IMPROVE SPRINTS SKILL THROUGH THE lOADING EXECISE METHOD (Action Research In Sprint Athletes Sriwijaya Sport School of Palembang) 2020-12-17T04:57:42+07:00 DENY HADIWIJAYA denyhadiwijaya@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui pendekatan metode latihan pembebanan atlet lari jarak pendek Sekolah Olahraga Sriwijaya Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet lari jarak pendek sekolah olahraga negeri sriwijaya Palembang yang berjumlah 8 atlet.</p> <p>Penelitian pada siklus 1 dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan, dimulai dari tes awal untuk mengukur kemampuan atlet sebelum diberikan tindakan. Setelah tindakan latihan dilaksanakan, peneliti memberikan tes akhir pada atlet dan hasilnya adalah siswa yang tuntas sebanyak 3 atlet dengan presentase ketuntasan 37.50 %, Jika Dibandingkan&nbsp; dengan kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan yaitu 80% maka latihan yang dilaksanakan pada siklus 1 ini belum bisa dikatakan berhasil. Penelitian pun dilanjutkan ke siklus 2 dengan sedikit perubahan dan penambahan pada tiap tindakan latihan sebelumnya dan pada siklus 2 ini akan dilaksanakan sebanyak 8 pertemuan. Tes akhir pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yang sangat baik yaitu seluruh atlet memperoleh nilai tuntas dengan presentase sebesar 100%. dengan kata lain penelitian ini pun tidak perlu lagi dilanjutkan karena sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dengan metode latihan pembebanan dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek pada atlet lari jarak pendek Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang.</p> 2020-12-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/pjkr/article/view/61 PENGARUH KESEIMBANGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN MONTHONG DOLIOCHAGI (Studi Kasus Pada Atlet Taekwondo Kota Padang Panjang) 2020-12-23T03:54:56+07:00 YUDABBIRUL ARIF Yudaelvinocoentrao@gmail.com <p><strong>ABSTRAK<br><br></strong></p> <p><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </strong>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung antara keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini dilakukan pada Atlet Taekwondo Kota Padang Panjang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total Purposive sampling.</p> <p>Pengujian hipotesis pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,369. Pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,374. Pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi sebesar 0,298. Serta pengaruh Langsung keseimbangan terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,336. Pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap motivasii berprestasi sebesar 0,410.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh lanusng antara keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan tendangan monthong doliochagi pada atlet taekwondo kota Padang panjang.</p> 2020-12-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan