ANALISIS CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA) DAN EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS (EFA) PADA PENGEMBANGAN INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teti Trisnawati Universitas Primagraha
  • Sukemi Universitas Primagraha

Keywords:

analisis factor, motivasi belajar

Abstract

Analisis faktor adalah salah satu teknik statistik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah struktur (atau faktor, atau dimensi) yang mendasari hubungan antar variabel teramati. Analisis faktor merupakan teknik statistik untuk mengubah korelasi antar variabel teramati menjadi sejumlah kecil faktor, yang mengandung semua informasi tentang hubungan linear antar pengukuran dengan melibatkan hubungan antara variabel   terukur (measurement) dengan variabel latent. Item-item yang memiliki nilai korelasi tinggi akan membentuk satu kerumunan faktor. Prinsip yang mendasari analisis faktor adalah peneyederhanaan deskripsi tentang data dengan mengurangi jumlah variabel/ dimensi. EFA adalah salah satu metode analisis faktor untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel manifest atau variabel indikator dalam membangun sebuah konstruk, sedangkan CVA menguji apakah indikator-indikator yang sudah dikelompokkan berdasarkan variabel latennya (konstruknya) konsisten berada dalam konstruknya. Analisis ini digunakan pada instrument motivasi belajar anak didik sekoloah dasar.

References

Anggraeni, Venita dan Ningsih, Eva Fitria. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Abacus, 1(1). 19-28

Cetin - dindar, A., & Geban, O. (n.d.). What affect high school students’ c hemistry learning,

– 442

Mubeen, S., & Reid, N. (2006). The Measurement of Motivation with Science Students (3),

– 144.

Trisnawati, Teti dan Ernawati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Siswa Di SMPN 10 Kota Serang. Jurnal Abacus, 1(1), 38-47

Uno, Hamzah, B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2022-08-11

Issue

Section

Articles