Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV

Authors

  • Binti Khusnul Chotimah Universitas Primagraha
  • Wita Widiani Universitas Primagraha

Keywords:

kesulitan siswa,menyelesaikan soal,emahaman matematis

Abstract

Penelitian ini hanya pada bagaimana kesulitan murid pada penggunaan soal matematika dipandang berdasarkan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK negeri 7 Pandeglang materi yang diujikan mengenai sistem persamaan linear dua variabel atau SPLDV jenis penelitian ini memakai penelitian naratif menggunakan pendekatan kualitatif subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dengan output tes kemampuan pemahaman konsep matematis terendah titik hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian menyatakan bahwa masih ada kesulitan murid pada merampungkan soal SPLDV menurut dalam kemampuan pemahaman konsep matematis hal ini bisa kita lihat berdasarkan output skor homogen yaitu sebanyak 58 siswa termasuk ke dalam kategori kurang adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan pada mengganti suatu perseteruan sebagai kalimat matematika atau contoh matematika murid kurang bisa pada pengelompokan objek yang diketahui pada soal kesulitan pada menerapkan konsep menyelesaikan secara prosedur pemecahan dan menentukan operasi pada merampungkan bentuk aljabar kata kunci kesulitan murid menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika

References

Anggraeni, Venita dan Ningsih, Eva Fitria. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Abacus, 1(1). 19-28

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan

dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa SMK pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29.

https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

Jarmi, F. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Pendekatan Problem

Possing pada Peserta Didik SMK. Human Relations, 3(1), 1–8.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21.

https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas

VII SMK pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1),

https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

SMK dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery

Learning). EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.

WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.

https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Wahyudi, Suyitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru

Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal

Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47.

Wiyasa, Komang Ngurah, I Wayan Wiarta, N. L. N. D. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Pengetahuan Matematika. 1, 133–140.

Yanti, N., Sofiyan, Ramadhani, D., & Putra, dan A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep

Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran

/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102.

http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442.

Additional Files

Published

2022-08-11

Issue

Section

Articles