KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 9 MTS JARIYATUL ISLAMIYAH

Authors

  • Vina Vijaya Kusuma Universitas Primagraha
  • Fenti Fatimah

Keywords:

Kesulitan Belajar Matematika

Abstract

Dalam keseharian, kita tidak bisa melepaskan diri dari pelajaran matematika. Banyak sekali materi yang bisa diaplikasikan kedalam kehidpuan sehari-hari, namun peajaran matematika sering dianggap materi yang sulit dipelajari. Pada pembelajaran matematika terdapat siswa kelas 9 yang mengalami kesulitan belajar, hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya hasil latihan soal maupun hasil ulangan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 9 MTS Jariyatul Islamiyah masih kesulitan memahami konsep dan kesulitan memecahkan masalah.

References

Chotimah, Binti Khusnul. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar MAtematika Siswa Melalui Metode Sokratis Materi Statistika. Jurnal Abacus, 1 (1), 1-8

Kusuma, Vina Vijaya. 2016. Motivasi Belajar Mahasiswa di STTIKOM Insan Unggul Cilegon. Jurnal Insan Unggul, 4 (1), 119-134

Pelajaran.co.id.2021. Pengertian, Rumus Teorema Phytagoras dan contoh soal

Teorema Phytagoras berserta pembahasan lengkap.

https://www.pelajaran.co.id/pengertian-rumus-dan-contoh-soal-teoremapythagoras-beserta-pembahasannya/

Runtukahu ,J.Tombokan dan Selpius Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika

Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika cara Meningkatkan Kemampuan

Berfikir Siswa, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuntitatif,

Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trisnawati, Teti dan Ernawati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Siswa Di SMPN 10 Kota Serang. Jurnal Abacus, 1 (1), 38-47

Downloads

Published

2022-08-11

Issue

Section

Articles