PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI (Penelitian Tindakan Kelas Di TK An Najah Kota Serang Banten)

Authors

  • Rahmawati
  • Nurtresna

Keywords:

Kemampuan motorik kasar, anak usia dini, pembelajaran tari kreasi

Abstract

Perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot yang terkordinasi. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yaitu pembelajaran tari kreasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 10 anak TK An Najah Kota Serang yang berlokasi di Perum Taman Widya Asri Blok FF/22 Kota Serang, Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, catatan lapangan dan catatan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dengan melakukan gerak tari dibantu oleh guru dan siklus II terdiri dari 3 kali tindakan dengan melakukan gerak tari tanpa dibantu oleh guru. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra penelitian kemampuan motorik kasar anak 12%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 19%, 3) pada siklus II diperoleh hasil sebesar 77%. Dengan demikian, motorik kasar anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran tari kreasi dapat meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun di TK An Najah.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles